REVIEW JURNAL
Tema/
Topik :
Perilaku Konsumen
Masalah
: Faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap perilaku
konsumen dalam mengkonsumsi/ membeli buah, serta factor apa sajakah yang
dominan berpengaruh ?.
Judul :
Kajian
faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli /mengkonsumsi
buah lokal.
Pengarang : Sudiyarto & Nuhfil Hanani
Latar Berlakang
Pemahaman
mengenai keinginan konsumen akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi
keputusan konsumen, sehingga secara otomatis akan membeli apa yang ditawarkan
oleh pemasar tersebut. Persaingan antar merek dan produk yang semakin ketat
menjadikan konsumen memiliki posisi yang sangat berpengaruh dalam posisi
tawar-menawar (Sumarwan, 2003). Pendekatan kecukupan pangan yang berorientasi pada
produksi pangan hendaknya mulai digeser pada ketahanan pangan yang berorientasi
pada ketersediaan dan daya beli masyarakat. Kebutuhan dan selera konsumen akan
terpenuhi jika ketersediaan
produk
dan daya beli masyarakat masih mampu mengatasinya.
Usaha
pemenuhan kebutuhan dan selera konsumen buah-buahan dapat dilihat dari semakin
membanjirnya buah impor baik dari ragam maupun volumenya. Sumarwan (1999),
mengemukakan bahwa membanjirnya buah impor pada saat sebelum krisis moneter
telah memojokkan buah-buahan lokal., persaingan yang datang dari luar serta
kebijakan pemarintah yang kurang kondusif menyebabkan banyak petani yang
semakin terpuruk.
Tetapi
krisis moneter menyebabkan buah impor semakin mahal dan semakin berkurangnya
stok di pasar. Memahami perilaku konsumen buah-buahan merupakan informasi yang
sangat penting bagi pasar dari sektor agribisnis. Informasi ini diperlukan
sebagai bahan masukan untuk merencanakan produksi, mengembangkan produk dan
memasarkan buah-buahan dengan baik.
Masalah
Faktor-faktor
apa sajakah yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi/
membeli buah, serta factor apa sajakah yang dominan berpengaruh ?.
Tujuan
Tujuan
penelitian adalah sebagai berikut :
Menganalisis
pengaruh faktor-faktor
- budaya
- lingkungan sosial;
- Individu
- Psikologis
- Strategi pemasaran terhadap perilaku konsumen dalam membeli/ mengkonsumsi buah lokal dan buah impor serta melihat faktor-faktor mana yang dominan.
Metodologi Penelitian
Penelitian ini termasuk studi
perilaku konsumen buah-buahan di kota Surabaya sekaligus menganalisis daya
saing buah (lokal terhadap impor) atas dasar nilai sikap kepercayaan konsumen
terhadap berbagai macam buah misalnya (apel; jeruk dan anggur). Sehingga lokasi
penelitian ditentukan secara sengaja, sebaran lokasi penelitian adalah lokasi
tujuan pemasaran buah dengan sasaran konsumen akhir, yaitu Kota Surabaya.
Jumlah responden sebanyak 140
responden, ditentukan secara accidental yaitu mewawancarai konsumen buah dengan
kriteria :
1).
Penggemar (senang) makan buah-buahan;
2).
Pembeli rutin buah minimal satu bulan sekali;
3).
Mewakili keluarga
4).
Keluarga memiliki penghasilan.
Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan
menggunakan
instrumen penelitian:
Analisis Data
Tujuan
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Structural Equation
Model
(SEM) yang juga dinamakan Model Persamaan
Struktural (MPS) dengan
menggunakan
piranti lunak (soft ware) AMOS.
Hasil Penelitian
Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa variable-variabel
1). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap Konsumen
2). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Sikap
Konsumen
3). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap
Sikap Konsumen
4). Pengaruh Psikologis Terhadap Sikap Konsumen
5). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Sikap
Konsumen.
Kesimpulan
Beberapa kesimpulan yang diperoleh
dari hasil penelitian ini adalah :
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
sikap kepercayaan konsumen dalam membeli buah, menunjukkan bahwa :
1.
Perubahan ‘budaya’ maupun peningkatan ‘psikologis’ konsumen,
dapat meningkatkan secara nyata sikap-kepercayaannya dalam membeli /mengkonsumsi
buah lokal.
2.
Konsumen tidak perlu mempertimbangkan ‘Lingkungan
sosial’-nya dalam membeli buah lokal dan peningkatan karakteristik ‘individu’ konsumen
tidak menjadikan sikap kepercayaannya meningkat dalam membeli/ mengkonsumsi
buah lokal.
3.
Konsumen tidak merasakan adanya ‘Strategi pemasaran’ yang ditempuh
perusahaan/ pemasar yang dapat mendukung meningkatkan ‘sikap-kepercayaan’-nya
dalam membeli /mengkonsumsi buah local.
Saran :
1. Buah lokal perlu diperlakukan
sebagai produk yang lebih dihargai di
negeri
sendiri.
2.
Daya saing buah lokal agar ditingkatkan melalui : strategi pemasaran
dan
peningkatan atribut.
DAFTAR PUSTAKA
Badan
Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2001. Sektor Pertanian
sebagai
Andalan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Buletin
Agroekonomi,
Volume 1, Nomor 4, Agustus 2001. Pusat Penelitian dan
Pengembangan
Pertanian, , Departemen Pertanian, Jakarta.
Direktorat
Jenderal Bina Produksi Hortikultura, 2002. Strategi Pengembangan
aya Saing
Buah Unggulan Indonesia.. Bagian Proyek Pengembangan
Usaha
Hortikultura Pusat. Departemen Pertanian. Direktorat Jenderal
Bina
Produksi Hortikultura. Jakarta.
Engel J.F;
Blackwell R. D. dan P.W. Miniard , 1995. Perilaku Konsumen.
Translation
of Consumer Behafior. Six Edition. The Dryden Press,
Chicago.
Diterbitkan Binarupa Aksara Jakarta.
Ferdinand,
A., 2002. Structural Equation Modelinga Dalam Penelitian
Manajemen.
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Hair Jr.,
Joseph F., Ralph E. Anderson and R.L. Tatham. 1992. Multivariate
Data
Analysis. Third Edition. Macmillan Publishing Company. New York.
Kotler,
P., 1993. Manajemen Pemasaran. Translation of Marketing
Management
Analysis, Planning, Implematation, and Control. Sevent
Edition.
Prentice Hall International Inc. Penerbit Fakultas Ekonomi
Universitas
Indonesia.
Mangkunegara,
AA, Ap., 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. PT. Refika
Aditama,
Bandung
Mowen, JC.
dan M. Minor, 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-lima. Alih
Bahasa :
Lina Salim. Penerbit erlangga, Jakarta.
Poerwanto,
R., Susanto S., dan S. Setyati, H., 2002. Pengembangan Jeruk
Unggulan
Indonesia. Makalah Semiloka Nasional Pengembangan Jeruk
Unggulan.
Bogor 10 – 11 2002.
Poerwanto,
R., 2003. Peran Manajemen Budidaya Tanaman Dalam
Peningkatan
Ketersediaan dan Mutu Buah-buahan. Orasi Ilmiah Guru
Besar
Tetap Ilmu Hortikultura. Fakultas Pertanian Bogor. Institut
Pertanian
Bogor.
Solimun,
2002. Structural Equation Modeling Lisrel dan Amos. Fakultas MIPA
niversitas
Brawijaya, Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang,
______,
2004. Pengukuran Variabel dan Pemodelan Statistika. Aplikasi SEM
– AMOS
dan Wasol. Fakultas MIPA & Program Pascasarjana Universitas
Brawijaya,
Malang.
Simatupang
P., 1990. Economic Incentives and Competitve Advantage in
Livesstocks
and Feedstuffs Production : A Methodological Introduction.
Center of
Agro Economic Research, Bogor.
Sumarwan,
U., 1999. Mencermati Pasar Agribisnis. Melalui Analisis Perilaku
onsumsi dan
Pembelian Buah-buahan. Majalah Agribisnis, Manajemen
dan
Teknologi. Volume 5-No.3 November 1999. Magister Manajemen
Agribisnis,
Institut Pertanian Bogor (IPB).
___________.,
2003. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam
Pemasaran.
Penerbit Kerja Sama : PT. Ghalia Indonesia dengan MMAInstitut
Pertanian
Bogor.
Surya, 2004.
Buah Impor Semakin Mendominasi. Harga di Surabaya Stabil. 15
September 2004. Penerbit Harian Surya Surabaya.
Sumber
:
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CDQQFjAB&url=http%3A%2F%2Fp21din.blog.com%2Ffiles%2F2010%2F11%2FREVIEW-JURNAL-PRILAKU-KONSUMEN-TUGAS-METODE-RISET.doc&ei=48cMUezOCc7NrQfOr4DQDA&usg=AFQjCNHcYeXDNgahWzMelc9MihpivBgnCg&sig2=mM_h897dRWwXesHWS4d-PA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar